Aneka Menu Masakan Di Bulan Ramadhan Article Blog Sambal sambal monsera

Kumpulan Aneka Menu Masakan di Bulan Ramadhan

Ditulis oleh: Ika Septia | 18/03/2024

Kumpulan Aneka Menu Masakan Di Bulan Ramadhan

Aneka Menu Masakan Di Bulan Ramadhan РSaat bulan Ramadhan, terasa semua makanan terasa nikmat dan lezat. Padahal, saat berpuasa hal yang penting adalah menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan aktivitas bisa berjalan seperti biasa. 

Ada berbagai menu masakan yang bisa dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Berikut ini adalah rekomendasi kumpulan aneka menu masakan di bulan Ramadhan yang lezat dan bergizi.

Kurma

Kurma

Kurma merupakan makanan yang sering dikonsumsi saat bulan Ramadhan. Biasanya, umat Muslim akan merasa kurang lengkap jika menu sahur atau buka puasanya tanpa adanya kurma.

Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung tanpa pengolahan khusus. Hal ini dikarenakan kurma merupakan makanan yang sehat dan bergizi yang bisa dijadikan sebagai camilan.

Jika Anda ingin memasak atau mengolahnya sebagai menu saat bulan puasa, Anda bisa menjadikannya sebagai sup kurma, puding kurma, jus kurma atau kurma panggang.

Baca Juga : Menu yang Pas Buat Sahur

Buah-Buahan

Buah-Buahan

Sangat penting untuk memilih buah-buahan yang tidak hanya segar tapi juga kaya akan nutrisi yang berguna bagi tubuh.

Selama bulan Ramadhan, Anda bisa mengkonsumsi beragam buah-buahan. Misalnya semangka, pisang, strawberry, jeruk, apel, pepaya, anggur dan pear.

Ketika Anda mengkonsumsi semangka, buah ini termasuk kaya air dan sangat menyegarkan. Mengkonsumsinya bisa membantu mengatasi dehidrasi setelah seharian berpuasa.

Begitupun dengan beberapa buah-buahan lainnya yang bisa membantu asupan nutrisi seimbang dan menyegarkan.

Buah-buahan ini bisa Anda konsumsi secara langsung seperti kurma atau menjadikannya sebagai jus buah atau salad buah.

Baca Juga : Menu Makanan Buka Puasa yang Segar dan Sederhana

Sup Sayur

Selain buah-buahan, sayuran juga bisa menjadi menu masakan yang sehat selama bulan Ramadhan. Ada banyak sayuran yang cocok dikonsumsi selama bulan Ramadhan terutama dimasak sebagai sup sayur.

Sayur bayam dan sayur hijau lainnya yang mengandung banyak serat, vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayur wortel yang kaya akan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata dan juga mengandung serat yang membantu pencernaan.

Sayuran yang mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan seperti brokoli juga cocok jika dijadikan sebagai menu masakan di bulan Ramadhan.

Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Selain itu, jika Anda ingin mengurangi mengkonsumsi nasi putih maka kentang bisa menjadi pengganti yang baik.

Daging Ayam

Aneka menu masakan di bulan Ramadhan bisa menggunakan daging ayam. Di mana, daging ayam ini bisa dimasak menjadi menu yang menarik.

Misalnya ayam goreng tepung, ayam panggang, ayam bakar, ayam kari, ayam bumbu rendang dan masih banyak lainnya. Anda bisa memasaknya sesuai keinginan dan preferensi pribadi.

Anda bisa mengkonsumsi menu masakan dari daging ayam tersebut dengan nasi putih hangat agar lebih mengenyangkan.

Oatmeal

Oatmeal

Aneka menu masakan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal sendiri merupakan hidangan yang kaya serat, nutrisi dan energi yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan bertenaga sepanjang hari.

Karena itu, selain cocok sebagai menu masakan di bulan Ramadhan menu ini juga cocok bagi Anda yang sedang atau ingin menjalankan program penurunan berat badan.

Anda bisa membuat masakan ini dengan menggunakan oatmeal instan untuk memudahkan dan mempersingkat waktu memasak.

Agar rasa dari hidangan ini lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan, rempah-rempah, keju parut atau susu.

Ikan

Ikan

Aneka menu masakan di bulan Ramadhan dari ikan juga tidak kalah menarik. Ikan adalah sumber protein hewani yang kaya akan nutrisi penting seperti omega-3, vitamin D dan mineral.

Tidak hanya itu, ikan juga rendah lemak jenuh dan kolestrol. Jadi, mengkonsumsi ikan saat bulan Ramadhan bisa menjadi menu masakan yang sehat dan bergizi.

Anda bisa memasaknya dengan cara dipanggang, digoreng ataupun dibakar. Pastikan untuk memilih ikan yang masih segar demi menjaga kualitas ikan dan hasil masakan yang terbaik.

Daging Merah

Daging merah kaya akan zat besi, seng dan vitamin B12. Untuk menu masakan selama bulan Ramadhan, Anda bisa memasaknya sebagai steak panggang, gulai daging, daging rendang, sup daging merah dan masih banyak lagi.

Menu ini bisa menjadi pilihan favorit karena selain kaya akan nutrisi, menu ini juga memiliki rasa yang lezat dan nikmat.

Sambal

Sambal

Baik itu sahur maupun buka puasa, Anda masih bisa mengkonsumsi sambal sebagai pendamping menu utama. Namun, dengan catatan bahwa sambal yang Anda konsumsi tidak terlalu pedas.

Hal ini untuk menghindari dari penyakit seperti diare atau asam lambung yang dapat mengganggu kenyamanan selama berpuasa seharian.

Anda bisa mencoba sambal Monsera yang memiliki beragam varian sambal dengan rasa khasnya masing-masing. Tersedia lima varian sambal yang bisa Anda pilih sesuai selera dengan tingkat kepedasan yang berbeda.

Sambal bawang dengan tingkat kepedasan level satu, lima dan sepuluh. Varian sambal geprek dengan tingkat kepedasan level lima dan sepuluh. Sementara varian sambal ijo, sambal matah dan sambal terasi dengan tingkat kepedasan level satu dan lima.

Jadi, pastikan untuk memilih tingkat kepedasan sesuai dengan tingkat toleransi kepedasan Anda untuk menghindari sakit perut.

Sambal Monsera ini sudah memiliki ijin BPOM, di mana hal ini sebagai bukti bahwa sambal Monsera telah melewati pengujian yang ketat dan aman digunakan.

Kini Anda tidak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin memiliki sambal matah kini tersedia sambal matah kemasan dari Monsera.

Untuk pemesanan sambal ini, Anda hanya cukup mengklik tombol dibawah ini saja.

blank

Penutup

Itulah tadi kumpulan aneka menu masakan di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Baca Juga

Top Artikel

Copy link